Berita Terbaru

Sunday, May 18, 2014

PENYAKIT MASYARAKAT, Walikota minta gereja bisa berperan
by RONAL ROMPAS - 0

WALIKOTA Tomohon saat memimpin kegiatan Seminar Sehari peranan Gereja terhadap penanggulangan penyakit masyarakat.(foto: ist)
Tomohon—Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Sabtu (17/5) akhir pekan lalu, membawakan materi tentang HIV dan AIDS di Kota Tomohon pada kegiatan Seminar Sehari ‘Peranan Gereja Terhadap Penanggulangan Penyakit Masyarakat’ yang diselenggarakan oleh Komisi Pelayanan Pria Kaum Bapa Jemaat GMIM Naseret Matani, bertempat di Gedung Gereja Jemaat GMIM Nasaret Kelurahan Matani Kecamatan Tomohon Tengah Kota Tomohon.
Walikota mengatakan, bahwa AIDS perlu mendapat perhatian khusus dari kita semua. Ini karena beberapa alasan diantaranya yaitu belum ada obat dan vaksin yang bisa mencegahnya, pengidap virus menjadi pembawa dan dapat menularkan penyakit seumur hidupnya dan biaya pengobatan yang mahal. “Tanda-tanda orang yang sudah terjangkit AIDS yaitu berat badan menurun 10%  dalam waktu singkat, demam tinggi yang berkepanjangan, diare berkepanjangan, batuk berkepanjangan, kelainan kulit dan iritasi (gatal) serta infeksi pada mulut dan kerongkongan,” katanya.
Lanjutnya bahwa penyebaran HIV/AIDS yang paling dominan yaitu melalui hubungan heteroseksual sebanyak 90%, Penyalagunaan Napsa Suntik sebanyak 6% dan Homoseksualsebanyak 3%. HIV tidak menular melalui gigitan nyamuk, bersalaman atau bersentuhan dan pelukan serta berciuman dengan penderita HIV, menggunakan peralatan makan dan minum bersama dengan penderita HIV, dan mengunakan jamban yang sama dengan penderita. “HIV ditularkan melalui hubungan seks tanpa perlindungan dengan orang yang sudah terinveksi, melalui darah yang sudah terinveksi, melalui jarum suntik yang tidak steril, dan melalui ibu hamil pada bayi yang dikandungnya,” jelasnya.
Dirinya mengharapkan agar para peserta yang hadir saat ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat umum agar mengenali cara pencegahan dan penularannya dan terutama menghindari seks di luar nikah, saling setia dengan pasangan masing-masing serta tidak menggunakan narkoba suntik dan belajarlah tentang pendidikan kesehatan yang baik untuk menghindari hal-hal yang akan yang dapat merugikan diri kita sendiri bahkan orang lain. “Stop AIDS dengan kasih sayang dan keteladanan,” katanya.
Hadir juga Kapolres Tomohon Ratna Setiawati SH MH yang membawakan materi tentang peranan POLRI dalam menanggulangi penyakit masyarakat dan perjudian. Para peserta yaitu Pria Kaum Bapa, Wanita kaum Ibu, Pemuda serta Remaja utusan dari tiap-tiap Jemaat GMIM yang ada di wilayah Tomohon Satu.(gebe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment