Berita Terbaru

Wednesday, May 14, 2014

Pasca bencana, Wawali turun serap keluhan warga
by RONAL ROMPAS - 0

WAWALI Manado Harley Mangindaan ikut membantu warga korban bencana penerima bantuan di Kelurahan Pinaesaaan.(foto: tonny/sk)
Manado—Ada 95 keluarga yang menjadi korban bencana banjir dengan klasifikasi rumah rusak berat dan hanyut di Kelurahan Pinaesaaan telah mendapatkan bantuan dana sewa rumah. Tapi dalam proses penyerahan bantuan, puluhan warga pun sempat keberatan di kantor Lurah Pinaesaan. Pasalnya, nama mereka tidak terdata, padahal rumah mereka juga ikut rusak karena banjir. “Kami minta pak Wawali bisa membantu kami, karena kami juga korban bencana. Pertanyaan kami, kenapa warga di lorong tempat tinggal kepala lingkungan semua terima bantuan, sementara kami di lorong sebelahnya tidak menerima. Padahal kami juga terkena banjir dan kondisi rumah kami bisa lihat sendiri sudah rusak,” ungkap  warga Kelurahan Pinaesaaan Lingkungan III, Margareta Sunda.
Ditambahkanya, rumah telah diambil gambar oleh pihak verifikasi beberapa waktu lalu usai banjir. “Kami juga pertanyakan ada penerima bantuan, malah suami istri,” tanya Sunda dan warga lainnya. 
Akan keluhan tersebut, Wawali meminta agar tidak emosi, karena pemkot sendiri tentunya berharap agar yang tidak menerima bantuan sesuai persyaratan, masukan datanya ke kelurahan. “Jika memang berhak mendapatkan bantuan tentunya pemerintah tidak akan tutup mata. Saya sarankan warga yang tidak menerima bantuan ini bisa daftarkan atau masukan data ke kelurahan. Nama-nama itu akan kami sampaikan ke pusat karena semua bantuan ini bersumber dari pusat,” jelas Wawali.
Lurah Pinaesaan, Deker Rondonuwu yang dikonfirmasi jumlah warga korban banjir yang belum menerima bantuan yang mendaftar mengatakan, di Lingkungan I ada 38 keluarga, di Lingkungan II ada 3 keluarga dan Lingkungan IV hanya 1 keluarga.
Sementara itu, staf BNPB Manado, Budi Yasin  yang menyalurkan bantuan di Kelurahan Pinaesaaan menyatakan, dari 95 keluarga penerima bantuan uang sewa rumah telah terbayarkan.
Kabag Humas Manado Franky Mocodompis yang dimintai tanggapanya terkait dengan persoalan bantuan bencana menyatakan, sesuai penegasan Walikota GS Vicky Lumentut, penerima bantuan teruntuk warga yang kehilangan rumah dan rumah rusak berat. (ton)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment