Berita Terbaru

Tuesday, May 20, 2014

PAJAK KENDARAAN, Wawali kunjungi Samsat Manado
by RONAL ROMPAS - 0

KEPALA UPTD Samsat Manado Benny Kalonta ketika mendapat kunjungan Wawali Manado Dr Harley Mangindaan Senin (19/5) kemarin.(foto: tonny/sk)
Manado—Kerjasama yang terjalin Pemkot Manado dengan Dispenda Sulut terkait pajak kendaraan bermotor, telah membuahkan hasil positif. Hal ini ditandai dengan makin tingginya kesadaran warga pemilik kendaraan bermotor di Manado yang mengunjungi Dispenda untuk membayar pajak. “Setelah ada bantuan dari Pemkot melalui kepala lingkungan dengan mendata kendaraan di wilayahnya, Dispenda akhirnya mendapat data yang valid terkait dengan jumlah kendaraan, baik roda dua dan empat di Manado. Selain itu, antusias warga membayar pajak pun semakin tinggi,” terang Kepala UPTD Wilayah I (Samsat) Manado pada Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulut, Benny Kalonta ketika mendapat kunjungan Wawali Manado Dr Harley Mangindaan, Senin (19/5) kemarin.
Wawali menyampaikan, Pemkot Manado siap membantu Samsat karena hubungannya juga jelas untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui dana bagi hasil Pemprov Sulut ke Pemkot Manado. “Kerjasama akan terus kami mantapkan karena dampaknya sangat positif. Kita bantu Dispenda dan disatu sisi, Pemkot Manado bisa mengetahui jumlah kendaraan milik warga di Manado, sekaligus sumber PAD-nya,” terang Wawali.
Kalonta mengakui, kalau tunggakan pajak kendaraan bermotor di Manado begitu besar hingga dinilai perlu ada kerjasama dengan Pemkot Manado dalam hal pendataan jumlah kendaraan tersebut. “Jika kerjasama pendataan jumlah kendaraan ini berjalan baik, tentunya akan ikut mengangkat bagi hasil pajak kendaraan bermotor bagi kota Manado yang saat ini berkisar per bulan hingga Rp9 miliar. Untuk itu, kami sangat berterima kasih akan langkah Pemkot yang ingin membantu Dispenda Sulut,” terang Kalonta.
Disatu sisi, Wawali juga berharap, Dispenda bisa menyerap keluhan warga ketika akan melakukan pelunasan pajak kendaraan di kantor Samsat. “Jika ada masukan tentunya hal itu menjadi kesempatan kita untuk berbenah. Harapan kami sebagai warga Manado bisa terlayani dengan baik dan saya himbau warga Manado untuk taat bayar pajak karena pajak itu ujungnya akan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan,” kunci Wawali.(ton)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment