Berita Terbaru

Monday, May 12, 2014

MTQ, perkuat jalinan persaudaraan
by RONAL ROMPAS - 0

Wagub didampingi Sekprov Sulut bersama Walikota Kotamobagu resmi buka MTQ ke XXV.(foto:ist)
Manado—Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke- XXV Tingkat Provinsi Sulut yang berlangsung di Lapangan Olah Raga Arum Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, Sabtu (10/5) lalu secara resmi dibuka Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil MPd.
Adapun Wagub menyambut gembira dan bersyukur atas penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi di Kotamobagu, karena banyak manfaat yang dapat dipetik, antara lain adalah memperkuat jalinan persaudaraan sesama Muslim dan Qoridan Qoriah dari seluruh Kabupaten/Kota se-sulut. “Suasana persaudaraan dan kebersamaan ini sungguh sangat bermakna dan bernilai. Karena itu, saya berharap kebersamaan dan peraudaraan ini kiranya tetap dipelihara dan dkembangkan dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, sebagai garansi positif kita melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan sulut yang semakin berbudaya, berdaya saing dan sejahtera,” ungkap Kansil dalam sambutannya.
Sementara itu, melalui Sekprov Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan, selaku Ketua Umum LPTQ Provinsi Sulut menyebutkan, kegiatan MTQ telah bertahun-tahun dilaksanakan secara berjenjang dan perkembangannya setiap tahun menunjukan peningkatan, baik cabang maupun golongannya. “Sejak MTQ tingkat Nasional tahun 1969 lalu sampai saat ini, cabang yang di musabaqohkan terus berkembang. Lebih-lebih setelah dibentuknya lembaga pengembangan tilawati Quran (LPTQ) di tahun 1977 yang lalu, LPTQ diarahkan sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan pengamalan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Mokodongan, sembari berharap, dengan momentum MTQ kita wujudkan kehidupan yang aman,damai, sejahtera lahir dan bathin khususnya pada masyarakat Kotamobagu dan lebih khusus lagi bagi masyarakat Sulut, disamping itu marilah kita pelihara kerukunan hidup antar umat beragama dalam bingkai NKRI yang harmonis.
Kegiatan yang diikut 372 peserta dari 15 Kabupaten/Kota se-Sulut tersebut menutut Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, dimaksudkan untuk membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWTdengan berpedoman pada Alquran serta untuk meningkatkan gairah membaca Alquran dikalangan umat Islam secara umum dan generasi muda khususnya. “Pemerintah dan masyarakat Kotamobagu berharap dan sangat siap untuk kembali menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional dimana Kota Kotamobagu nanti akan menjadi calon ibu Kota Provinsi BMR,” terang Bara.
Pembukaan MTQ kali ini ditandai dengan penekanan tombol oleh, Wagub Djouhari Kansil, Sekprov Siswa Mokodongan, Walikota Tatong Bara dan Kakanwil Kemenag Sulut, H Sa'ban Mauludin MPDi, Hadir Unsur Forkopimda Sulut, pejabat teras Pemprov Sulut, serta para Bupati/Walikota se-Bolmong raya. (mld)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment