Berita Terbaru

Friday, May 16, 2014

masa transisi bencana diperpanjang
by RONAL ROMPAS - 0

GSVL saat berdoa pada saat masa tanggap darurat di Manado waktu lalu.(foto:ist)
Manado—Melihat kondisi Kota Manado yang masih memerlukan penanganan pascabencana 15 Januari lalu, Pemkot Manado melalui Walikota GS Vicky Lumentut menegaskan perlu dilakukan perpanjangan status masa transisi ke pemulihan selama 60 hari.
Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan status transisi darurat bencana ke pemulihan sejak 13 Februari dan berakhir sampai Selasa (13/5) lalu. Perpanjangan status tersebut dalam rangka menuntaskan berbagai hal menyangkut penanganan pengungsi dan perbaikan fasilitas umum yang rusak.
Pasalnya, sampai sekarang ini masih ada masyarakat yang tinggal di pengungsian dan diarahkan untuk mencari tempat tinggal sementara dengan biaya bantuan yang diberikan pemerintah dalam bentuk dana sewa hunian sementara selama 6 bulan dengan total dana per Kepala Keluarga (KK) sebesar Rp3,6 juta. “Masa transisi ke pemulihan ini diperpanjang lagi. Nanti teknisnya seperti apa, silahkan tanya kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado,” ujar GSVL.
Kepala BPBD Kota Manado, Maxmilian Tatahede menjelaskan, masa transisi pemulihan diperpanjang 60 hari kedepan, mulai 14 Mei sampai 14 Juli 2014. Alasannya, pembenahan sisa-sisa bencana di Kota Manado masih terus dilakukan.
Salah satunya adalah drainase yang perlu mendapat perhatian serius karena masih tersumbat dan penuh sedimentasi. “Kita masih perlu waktu untuk lakukan penanganan membersihkan sisa-sisa bencana. Seperti sedimentasi yang ada di drainase yang menyebabkan terjadinya banjir jika hujan mengguyur Kota Manado. Di Tikala, Sario dan di Tumumpa, pantauan kami masih banjir kalau hujan,” ujar Tatahede. Menurutnya, tanggap darurat telah selesai dan telah dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi sampai bulan Oktober. Namun, setelah berkonsultasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), status transisi pemulihan perlu diperpanjang.
Diharapkan, saat HUT Kota Manado pada 14 Juli mendatang, Manado telah benar-benar pulih. Lanjut dikatakan, perpanjangan status transisi ke pemulihan ini akan diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) Walikota dan akan diteruskan ke BNPB.(dede)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment