Berita Terbaru

Tuesday, May 20, 2014

KPU Minahasa buka 57 kotak suara
by RONAL ROMPAS - 0

Suasana tim KPU Minahasa saat melakukan pembukaan kota suara (foto:win)
Tondano—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa, Senin (19/5) kemarin, bertempat di gudang penyimpanan kotak suara, melakukan pembukaan terhadap 57 kotak suara yang masuk dari PPS wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) I.
Pembukaan kotak suara tersebut disaksikan langsung oleh pihak Panwaslu Minahasa dan Polres Minahasa, dalam rangka untuk mengambil formulir C1 Hologram, guna dijadikan bahan pembanding dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) mendatang.
Ketua Devisi Hukum KPU Minahasa, Decky Paseki ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan mengungkapkan, bahwa pembukaan kotak ini atas gugatan dari pihak Partai Hanura kepada KPU Minahasa khusus untuk wilayah Dapil I. “Berdasarkan gugatan pihak Hanura yang masuk, maka pihak KPU Minahasa merespon dengan membuka kotak suara di seluruh PPS yang ada di Dapil I, guna mengambil formulir C1 hologram yang nantinya akan menjadi bahan pembanding di MK nanti. Adapun inti gugatan adalah perselisihan perolehan suara,” terang Paseki, sembari menambahkan untuk dugaan perselisihan hasil di Dapil I, ada 2 caleg yang menggugat akan hasil perolehan suara, masing-masing untuk Provinsi atas nama Jeffry Mentu dan untuk Kabupaten atas nama Dedy Turangan.
Sementara itu, Ketua Panwaslu Minahasa, Erwin Sumampouw saat hadir mengungkapkan, bahwa kehadiran pihaknya hanya sebatas melakukan pengawasan. “Kedatangan kami disini, hanya mengawasi pembukaan kotak suara oleh pihak KPU, atas permohonan gugatan dari partai Hanura, khususnya di Dapil I Minahasa,” ujarnya.
Sementara perolehan selisih suara yang berhasil di rangkum koran ini, ada sekitar 119 suara selisih pada pemilihan provinsi yang digugat oleh partai Hanura atas nama Caleg Jefry Mentu. Sedangkan pada Kabupaten di Dapil I juga selisih ada 7 suara yang di gugat Caleg Dedy Turangan dari caleg Hanura juga.(try33)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment