Berita Terbaru

Thursday, May 22, 2014

Gunung potong, penebangan kayu capai 43 kubik
by RONAL ROMPAS - 0

POHON yang dipotong dan diolah menjadi kayu, di ruas jalan Gunung Potong Pangu, Mitra.(foto:ist)
Ratahan—Pelebaran jalan di kawasan Gunung Potong Desa Pangu, Mitra, berimbas pada penebangan pohon yang tentunya akan diolah menjadi kayu. Menariknya, kayu yang ditebang oleh pihak ketiga diduga telah melebihi dari yang diperkirakan oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Mitra.
Sebelumnya, Kadis Kehutanan, Sonny Wenas SSos menyampaikan, pohon yang akan ditebang dan diolah menjadi kayu hanya mencapai sekitar 15 hingga 20 kubik. Namun, ketika dikonfirmasikan kembali, Wenas menyatakan olahan kayu akan mencapai hingga 43 kubik. “Jadi pohon yang ditebang dan diolah pihak ketiga menjadi kayu olahan, itu bisa mencapai 43 kubik,” katanya kepada sejumlah wartawan belum lama ini.
Dia mengakui, sesuai  perkiraan kayu yang ditebang di hutan lindung itu sampai 43 kubik, dimana Gunung Potong dikeruk dan akan diperlebar hingga mencapai 15 meter. Wenas juga menjelaskan, kalau dinasnya hanya melakukan tugas pengawasan penebangan pohon, sementara kayu yang ditebang itu diambil oleh pengusaha atau pihak ketiga. “Kami hanya sebatas provisi sumberdaya hutan dan reboisasi. Dimana dana reboisasi mencapai 12 USD per kubik,” ungkapnya.(esel)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment