Berita Terbaru

Thursday, May 22, 2014

GSVL pukau peserta Apeksi di Kota Dumai
by RONAL ROMPAS - 0

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut saat membuka menyampaikan sambutan dalam Rakornas.(foto:ist)
Manado—Setelah selesai mengadakan malam baku dapa alias Welcome Dinner, Selasa (20/5) lalu, maka hajatan Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (Apeksi) ke-X resmi di buka oleh Gubernur Kepulauan Riau, Anas Makmun di Ballroom Hotel Comfort Kota Dumai, Rabu (21/05) kemarin. Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Riau mengapresiasi dan berterima kasih kepada pengurus Apeksi pusat yang telah mempercayakan Kota Dumai yang merupakan daerah pemekaran baru sebagai tuan rumah pelaksanaan bertaraf nasional tersebut. Ini tentunya harus bisa diambil manfaatnya bagi pemerintah kota Dumai maupun wara masyarakatnya dimana lewat Rakernas Apeksi ini bisa memperkenalkan atau promosi Pariwisata dan meningkatkan perekonomian warga masyarakat itu sendiri. "Hajatan besar ini harus diambil manfaatnya dan ini jadi pembelajaran bagi pemerintah dan warga Kota Dumai sendiri," jelas Gubernur Makmun.
Sementara itu, Ketua Apeksi yang juga menjabat Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut mengungkapkan, kegiatan Rakernas Apeksi tersebut merupakan tindaklanjut dari amanat Rakernas Apeksi tahun 2013 di Palangkaraya, dimana tahun ini tema yang di angkat adalah ‘Kesigapan Pemerintah Kota dalam menghadapi ASEAN Economic Comummunity (AEC) 2015’. "Berangkat dari tema tersebut dalam forum Rakornas ini, Apeksi membahas berbagai topik strategis yang akan disampaikan oleh narasumber, antara lain mengenai kerjasama AEC 2015, strategi perdagangan Indonesia dalam menghadapi AEC 2015, kemudian mengenai upaya peningkatan kwalitas dan daya saing Indonesia, serta membahas upaya pemerintah kota dalam menghadapi AEC 2015," jelas Lumentut.
Konsep utama dari AEC adalah menciptakan ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal dan kesatuan basis produksi dimana terjadi Free Flow (pasar bebas) atas barang, jasa faktor produksi, investasi dan modal. "Terdapat 4 hal yang menjadi fokus pelaksanaan AEC, yakni pertama ASEAN sebagai pasar dan produksi tunggal, kedua pembangunan ekonomi bersama ASEAN Economic Development, ketiga pemerataan ekonomi dan ke empat perkuatan daya saing," jelasnya.
Oleh karena itu, dirinya mengajak kiranya semua untuk dapat memberikan berbagai informasi dan berbagi pengalaman sesuai tema rakernas tahun ini sebagai masukan dan pembahasan yang nantinya dirangkum dalam suatu rekomendasi apeksi yang akan kita sampaikan kepada pemerintah. "Terima kasih atas peran serta rekan-rekan Walikota se-Indonesia yang bisa ikut datang berpartisipasi di Kota Dumai ini. Semoga pertemuan ini akan menghasilkan yang lebih baik lagi kedepan," kuncinya.
Turut Hadiri dalam Rakernas Apeksi ini, Walikota Dumai H Khairul Anwar, Muspida setempat, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ny Prof Juleyta PA Runtuwene serta sejumlah pejabat terkait Pemkot Manado.(dede)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment