Berita Terbaru

Wednesday, May 14, 2014

Dana dekonsentrasi, Sekprov: Ini sesuai prioritas nasional
by RONAL ROMPAS - 0

SEKPROV Sulut saat menghadiri Rakev Dekonsentrasi Triwulan I di Hotel Aston Manado (foto:ist)
Manado—Dana dekonsentrasi yang bersumber dari APBN diberikan kepada daerah untuk membantu mendanai kegiatan khusus urusan daerah. Hal tersebut dikatakan Sekprov Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan saat membuka Rapat evaluasi (Rakev) Dana APBN Triwulan I tahun anggaran 2014 di Hotel Aston Manado, Selasa (13/5) kemarin. “Itu sudah sesuai dengan prioritas nasional untuk bantuan ke daerah guna kepentingan sarana prasarana, pelayanan dasar masyarakat serta untuk mendorong percepatan pembangunan guna pencapaian sasaran prioritas nasional,” jelas Mokodongan.
Dikatakannya bahwa, penguatan peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah adalah untuk menjalankan fungsi pembinaan dan pengawasan atas perencanaan pembangunan nasional antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “Ini untuk menciptakan stabilitas politik bagi pemerintahan serta mewujudkan keserasian pembangunan antar wilayah, daerah dan kawasan. Oleh karena itu dana dokensentrasi APBN yang dialokasikan di daerah juga mencakup alokasi dana untuk meningkatkan peran kelembagaan dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan program dana APBN di Provinsi dan Kabupaten/Kota,” terangnya.
Diharapkan kepada instansi pengelola dana dekonsentrasi dalam tugas pembantuan serta urusan bersama agar dapat memanfaatkan momentum Rakev Triwulan I ini sebaik mungkin dengan membagi pemikiran dalam mengidentifikasi permasahan serta hasil positif. “Ini bisa menjadi wahana saling tukar ide, pendapat dan pandangan serta saling memotifasi antar sesama pengeloala dana dekonsentrasi,” pungkas Mokodongan.
Sekretaris Bappeda Sulut, Ir Ria Dunggio, mengatakan bahwa dilaksanakannya Rakev ini untuk melihat sejauh mana hasil capaian dari masing-masing pengelola dana dekonsentrasi yang ada di Sulut. “Jadi kegiatan ini pesertanya dari Bappeda Kabupaten/Kota, Satker SKPD dan instansi vertikal se-Provinsi Sulut,” katanya. (mld)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment