Berita Terbaru

Tuesday, May 20, 2014

BIMTEK RKL-RPL Sekprov: Jaga pelestarian LH
by RONAL ROMPAS - 0

SEKPROV didampingi Kepala BLH Sulut, pemateri Kementerian LH RI dan Kadis ESDM Sulut, saat membuka Bimtek BLH Sulut (foto:ist)
Manado—Sekprov Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan mengatakan, sejak diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2012 tentang izin lingkungan hidup (LH) dan PP Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang salah satu urusan diserahkan oleh pemerintah pusat yakni, penanganan dalam urusan LH, maka daerah diberikan kewenangan otonom perencanaan segala urusan secara mandiri termasuk pelestarian LH. “Jadi sudah seharusnya fungsi kita sebagai pengawasan harus benar-benar berfungsi dengan baik,” terang Mokodongan, saat didampingi Kepala BLH Sulut, Adry Manengkey ketika membuka kegiatan bimtek yang bertema 'pemantauan Rencana Kelola Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL), di Hotel Grand Puri Manado, Selasa (20/5) tadi.
Dikatakannya, penyelenggaraan kewenangan daerah untuk mengatur dan mengurus kepentingannya sendiri tersebut, harus berdasarkan aspirasi masyarakat setempat dan perlu diakomodasikan melalui program terpadu. “Ini berlaku di Provinsi maupun Kabupaten/Kota, karena permasalahan LH juga telah menjadi isu nasional bahkan internasional yang harus mendapat perhatian dari berbagai pihak, lebih khusus bagi para aparatur yang bergerak di bidang LH,” tegasnya.
Mokodongan berharap, kiranya dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, selain dapat meningkatkan kopetensi aparatur pemerintah dibidang LH sebagai upaya meminimalisir pencemaran dan kerusakan LH, juga merupakan wujud pembangunan LH di Bumi Nyiur Melambai yang semakin maju. “Jadikanlah bimtek ini sebagai sarana untuk saling menukar ide-ide serta informasi dan gagasan yang konstruktif,” tandasnya.
Dalam kegiatan ini, Sekprov didampingi Kepala BLH Sulut DR Adry Manengkey SE MSi. Adapun sebelum kegiatan dibuka secara resmi, Kabid Amdal BLH Sulut, Dra Joice Mateos, telah menyampaikan laporannya dan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dengan nara sumber dari Kementrian LH RI, Nugroho Indah.
Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kadis ESDM Sulut, Ir Marly Gumalag serta Kaban LH se-Kabupaten/Kota di Sulut bersama 15 pelaku usaha perusahaan.(mld)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment