Berita Terbaru

Tuesday, May 13, 2014

ADIPURA, Oehlers:Manado sudah bekerja keras
by RONAL ROMPAS - 0

JAUH sebelum penilaian Adipura, Pemko Manado sudah bergerak dan bahkan petugas kebersihan sudah melaksanakan tugas ekstra menjaga wilayahnya tetap bersih.(foto: ist)
Manado—Penilaian Adipura tahap dua (P2) di kota Manado telah berakhir pekan lalu oleh Tim Kementrian Lingkungan Hidup (KLH). Kendati belum mendapat hasil, namun kerja keras dan koordinasi matang personil yang dikomandoi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Julises Oehlers SH, tidaklah sia-sia.
Pasalnya, selain tim P2 akui Manado masuk kategori baik, disatu sisi kelemahan yang direkomendasikan yakni perbanyak tempat salah terpilah, pun telah ditutupi. “Jauh sebelum penilaian Adipura, kami sudah bergerak. Bahkan petugas kebersihan melaksanakan tugas ekstra menjaga wilayahnya tetap bersih. Artinya Manado telah bekerja keras,” kata Oehlers.
Menjadi poin plus Manado, lanjut Oehlers, di TPA Sumompo telah produksi sumber api dari gas metan hasil dari sampah yang kini digunakan oleh warga sekitar untuk memasak. Begitu juga untuk setiap kendaraan truk sampah yang masuk harus melalui timbangan sehingga volume sampah setiap hari terpantau. “Belum lagi sumber listrik ramah lingkungan yang kini telah terpasang lampu jalan solar cell, saya kira tim Adipura tidak tinggalkan inovasi Pemkot Manado itu,” tambahnya.
Lanjut dikatakannya, meski Manado diterjang banjir yang berdampak pada peningkatan volume sampah serta sejumlah taman kota porak-poranda, namun perlahan tapi pasti bisa diatasi. “Koordinasi dibawah pimpinan langsung Walikota Dr GS Vicky Lumentut dan Wawali Dr Harley AB Mangindaan, tentu lebih memotivasi para petugas kebersihan menjaga lingkungan tetap bersih,” terangnya.
Meski begitu, Oehlers berharap kerjasama pihak swasta maupun masyarakat mendukung menjaga kawasan lingkungan sekitar tetap bersih dan terjaga keasrian lingkungan. “Memang perlu kesadaran bersama menjaga lingkungan tetap bersih. Kita berharap kedepan Manado tetap menjadi Kota peraih Adipura. Meski itu bukan tujuan akhir, tapi akan memberikan motivasi menjaga kebersihan,” tandasnya.(ton)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment